Cara Root Realme 3/Pro Tanpa PC

Proses rooting pada sebuah ponsel tentu akan membutuhkan waktu yang cukup panjang apalagi proses rooting ini dilakukan dengan metode PC (perangkat komputer) namun pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tips cara melakukan proses root realme 3 dan realme 3 pro tanpa menggunakan perangkat komputer tapi sebelum lanjut kedalam tutorial rooting tanpa pc ini kami akan sedikit memberi gambaran perbedaan antara realme 3 dan realme 3 pro.

Perbedaan Realme 3 dan Realme 3 Pro.

Layar
Ternyata dari ukuran layar kedua ponsel ini ada sedikit perbedaan yaitu realme 3 biasa menggunakan layar berukuran 6.22 inci sedangkan untuk realme pro mempunyai ukuran layar 6.3 inci meskipun sedikit selisihnya sich menurut admin tapi tetap tidak bisa dianggap sama. Untuk resolusi atau ketajaman/kepadatan warna ponsel realme 3 biasa hanya beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel) sedangkan untuk realme 3 pro Full HD+ (2340 x 1080 piksel) meskipun demikian keduanya di proteksi dengan corning gorilla glass 5 sehingga cukup aman untuk masuk keluar saku tanpa menggunakan pelindung layar tambahan.

Dapur Pacu/Prosesor/Chipset
Untuk urusan dapur pacu atau chipset kedua ponsel ini mempunyai perbedaan yang sangat mencolok karena untuk realme 3 biasa dibekali chipset keluaran mediatek dengan chipset helio p60 octa core sedangkan kakanya realme 3 pro dibenamkan chipset qualcomm snapdragon 710 octa core yang kita ketahui bersama keunggulan dari chipset qualcomm ini adalah sangat stabil terutama dalam jaringan sehingga untuk batre juga jadi adem.

Varian ROM/RAM
untuk varian realme 3 biasa hanya tersedia 3 pilihan kategori pertama ram 3gb rom 32GB, kedua ram 3gb rom 64gb dan ketiga ram 4gb rom 64gb.
untuk varian realme 3 pro juga mempunyai tiga kategori pertama ram3/32gb, kedua ram 4/64gb, ketiga ram 6/128gb.

Kamera.
Untuk yang suka foto foto hal yang satu ini sangat penting diperhatikan karena realme 3 dan realme 3 pro mempunyai perbedaan yang cukup jauh untuk realme 3 dibekali kamera depan 13Mp dan dual kamera belakang 13mp+2Mp sedangkan untuk realme 3 pro mempunyai kamera depan 25mp dan dual kamera belakang 16mp+5mp.

Perbedaan lainnya
untuk ukuran batre ponsel realme 3 dan realme 3 pro ini cukup berbeda sedikit yang di unggulkan secara ukuran adalah realme 3 yaitu 4230mAh sedangkan realme 3 pro 4045mAh meskipun secara episiensi menurut saya yang irit tetap realme 3 pro karena dukungan dari chipset snapdragon yang lebih stabil dibanding dengan helio Mtk.

Cara Root Realme 3 bisa Dan Realme 3 Pro Tanpa PC.
sebelum saya lanjut kedalam tutorial root realme 3 dan realme 3 pro setidaknya ada dua langkah yang harus terpenuhi pertama adalah melakukan unlock bootloader pada masing masing ponsel tersebut baik realme 3 biasa tau realmek 3 pro. Kedua setelah ponsel berhasil di lakukan UBL (unlockbootloader) selanjutnya ponsel wajib terpasang TWRP recovery dimana fungsi dari twrp ini adalah untuk menginstal magisk zip yang mana magisk ini adalah aplikasi pembuka gerbang root.

UBL (unlock bootloader) Realme 3 dan Realme 3 Pro via HP dan PC.


  • Pertama pastikan dulu bahwa ponsel realme agan sudah di update ke versi terakhir kalau belum silahkan diupdate dulu
  • Kedua pastikan juga kalau agan sudah ada komputer yang akan dijadikan alat untuk proses ubl
  • ketiga Pada komputer pastikan juga sudah terinstal mini adb fastboot
  • untuk langkah UBL pertama sobat downoad dulu aplikasi ubl yang akan kita pasang di HP realme 3/pro pada link ini https://download.c.realme.com/osupdate/DeepTesting_realme-release_signed.apk
  • Install dan buka lalu ikuti sesuai petunjut yang tertera pada aplikasi tersebut kalau sukes nanti ponsel akan reboot ke mode fastboot
  • kalau sudah masuk ke mode fastboot tinggal colokan kekomputer menggunakan kabel data
  • pastikan driver fastboot untuk realme 3 dan realme 3pro sudah terpasang
  • Buka mini adb fastboot pada komputer lalau ketikan perintah berikut : "fastboot flashing unlock" (jangan pakai tanda kutif)
  • Perhatikan pada layar ponsel realme agan akan muncul peringatan pilih saja yes/ok dengan cara menekan tombol volume up/atas.
  • Jika sudah ketik lagi fastboot reboot.

Selesai sudah proses UBL pada ponsel anda selanjutnya yang harus anda lakukan adalah pemasangan twrp recovery untuk realme 3/pro dimana proses ini juga merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan proses rooting realme 3 pro tanpa pc ini akan berhasil. Berikut ini tutorial lengkapnya.

Cara Pasang TWRP Realme 3/Pro


  1. Sama halnya dengan UBL untuk pemasangan twrp pada realme 3 ini juga anda harus mempunyai adb dan fastboot pada komputer agan serta file twrp yang bisa agan download pada link https://twrp.me/realme/realme3.html (copy paste link pada url browser)
  2. Langkah Langkahnya
  3. download twrp pada link diatas
  4. Simpan pada folder mini adb fastboot
  5. Sambungkan Hp Realme 3/Pro ke mode fastboot
  6. Buka mini adb fastboot pada komputer
  7. ketikan perintah pada mini adb fastboot : fastboot flash recovery namatwrp.img (untuk namatwrp.img sesuaikan dengan nama twrp yang kalian download pada web resmi apakah namanya twrp.img atau apa tinggal sesuaikan saja.
  8. selamat sampai tahap ini ponsel sudah terpasang twrp untuk masuk ke twrp mode coba agan masuk secara manual (matikan ponsel kemudian setelah ponsel mati tahan volume bawah+Power secara bersamaan)

Cara Root Realme 3 Biasa/ Realme 3 Pro Tanpa PC
Kita masuk ke sesi utama sesuai dengan judul diatas yaitu cara melakuan rooting untuk ponsel realme 3/pro tanpa menggunakan pc yaitu lewat twrp pada ponsel kita masing masing dan untuk tutorial ini sebenarnya bisa diterapkan untuk seluruh ponsel asal syarat diatas harus terpenuhi yaitu ponsel wajib terpasang twrp recovery.

Langkah Langkah Root Realme via TWRP


  1. Dowload magisk v19.3.zip pada web resmi
  2. Simpan pada sdcard/internal memory
  3. Boot ke TWRP (dalam keadaan ponsel mati tahan voluem bawah+Power)
  4. Setelah masuk TWRP Recovery pilih Install kemudian pilih storage dimana magisk v19.3.zip tersimpan kemudian pilih magisk tersebut dengan cara di touch
  5. Kemudian instal dengan cara di swipe
  6. biarkan proses penginstallan magisk via twrp berjalan
  7. Tunggu hinga ada tulisan sukses
  8. jika sudah berarti proses rooting sudah selesai 
  9. Back dari menu twrp lalu pilih reboot system
  10. Ponsel akan booting ke system tunggu beberapa detik setalah posnel nyala cek apakah aplikasi magisk manager sudah terpasang 
  11. Kalau sudah terpasang cek apakah akses root sudah terbaca dengan menguduh aplikasi root checker

Selesai semoga bermanfaat.